21 Feb

Mengamati sejarah perkembangan softball di Indonesia

Pernahkah kamu mendengar tentang permainan softball? Permainan ini memang lebih populer di luar negeri daripada di Indonesia sendiri. Namun, nggak ada salahnya kalau kamu mempelajari sedikit tentang permainan yang satu ini. Sebelum kamu mempelajari caranya, ada baiknya kalau kamu mempelajari tentang sejarahnya dulu. Yuk kita simak tentang penjelasannya bersama-sama.

Pada awal pembentukannya, permainan softball ini dilakukan di dalam ruangan. Namun, permainan ini kurang mengalami banyak perkembangan kalau dilakukan di dalam ruangan. Jadi, H Fiscer dan MJ Panley mencoba untuk memindahkan permainan ini dari indoor ke outdoor di tahun 1930. Sesuai dugaan, permainan ini mengalami perkembangan ketika di lakukan di outdoor. Permainan ini mulai dilombakan di tahun 1933 dalam kejuaraan dunia. Sedangkan di wilayah Asia sendiri, permainan softball sendiri mulai dikenal sejak diadakan di Manila di tahun 1968.

Di Indonesia, permainan softball aktif dilakukan di tahun 1967. Di tahun itu juga, terbentuk sebuah induk organisasi softball di Indonesia yaitu Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia atau PERBASASI. Untuk pertama kalinya, permainan softball ini dilakukan dalam Pekan Olahraga Nasional ke 7 di tahun 1969 yang diadakan di Surabaya. Awalnya, hanya beberapa daerah saja yang mengikuti perlombaan softball ini, tapi semakin lama pesertanya semakin banyak. Karena permainan Softball ini terus mengalami perkembangan, permainan ini menjadi acara wajib untuk dilakukan dalam Pekan Olahraga Nasional atau PON.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang sejarah perkembangan softball di wilayah Indonesia sendiri. Tentunya bab ini sangat penting untuk dipelajari karena bisa digunakan untuk melakukan permainan softball dengan baik dan benar. Tertarik untuk mempelajarinya kan? Selamat belajar

Galeri Foto Terkait

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

LOGIN UNTUK MEMBALAS